Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Ini Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Kebiasaan Ini Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

 Jakarta - Kesehatan gigi dan mulut mengganggu kesehatan badan keseluruhannya. Masalahnya bila gusi dan gigi alami infeksi, keadaan ini bisa menebar ke kumpulan sel tubuh lain. Penyakit yang diakibatkan juga bukan hanya terkait dengan gigi dan mulut, tetapi juga organ lain dalam tubuh. Untuk mempertahankan kesehatan gigi dan mulut, berikut cara simpel yang dapat kamu kerjakan:

Tidak boleh Sikat Gigi Terlampau Keras

Sikat gigi mempunyai tujuan untuk hilangkan kotoran yang tersangkut pada gigi. Bila ini dilaksanakan dengan terlampau keras, gesekan sikat gigi akan mengurangi enamel gigi yang tipis. Tidak itu saja, gesekannya bisa jadi menyobek gusi. Menggosok gigi perlu dilaksanakan dengan berhati-hati dan halus sampai ke antara gigi.

Bila dilaksanakan dengan tidak betul, bukannya bersih, karies gigi justru bertambah dan mengakibatkan infeksi pada gusi. Terkait dengan hal itu, menggosok gigi seharusnya dilaksanakan secara halus dengan pergerakan memutar sepanjang dua menit.

Sikat Gigi Dua Kali Satu hari

Sikat gigi seharusnya dilaksanakan sekitar 2x sekali, yakni sesudah bangun pagi dan saat sebelum tidur. Fungsinya untuk melenyapkan kuman dan beberapa sisa makanan yang menimbun selama seharian. Tidak cuman gigi, kamu disarankan untuk menyikat lidah buat melenyapkan kuman dan beberapa sisa makanan yang melekat pada lidah.

Pakai Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

Fluoride sendiri sebagai elemen alami yang ada pada air minum dan makanan yang dimakan. Zat ini selanjutnya diserap badan buat memperkuat enamel gigi. Tidak itu saja, zat ini sebagai pertahanan khusus pada kerusakan gigi yang bekerja dengan melawan kuman pemicu kerusakan gigi dengan pelindungan alaminya.


Stop Merokok

Tidak cuman jantung dan paru-paru yang terserang imbas negatif dari merokok. Merokok bisa tingkatkan resiko mengembangnya penyakit pada gusi, karena menghalangi saluran darah ke arah gusi. Hal itu membuat gusi kekurangan gizi dan oksigen, hingga rawan alami infeksi. Tidak itu saja, merokok dapat menghancurkan susunan enamel dan jaringan gigi.

Banyak Minum Air Putih

Siapakah yang tidak suka konsumsi minuman dan makanan berasa manis? Sayang, rasa manis pada minuman dan makanan yang kamu konsumsi bisa jadi mengakibatkan kerusakan pada gigi, karena penimbunan bakteri pada mulut yang selanjutnya beralih menjadi asam. Rasa asam berikut yang selanjutnya mengakibatkan karies sebagai penyebab beragam permasalahan pada gigi dan mulut, seperti berbau mulut, plak gigi, dan gigi berlubang.

Dengan beberapa konsumsi air putih, beberapa sisa makanan pada mulut dan antara gigi bisa dibikin bersih secara detail. Tidak itu saja, air putih dapat menolong meleburkan asam yang dibuat oleh bakteri dari minuman dan makanan manis yang kamu konsumsi.

Konsumsi Makanan Sehat

Sama seperti sama air putih, konsumsi makanan sehat berguna juga untuk kesehatan mulut. Makanan ini terhitung beberapa bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayur, dan produk susu atau olahan susu. Dengan konsumsi beberapa makanan itu, gizi yang diperlukan akan tercukupi, hingga penyakit pada gigi dan mulut bisa dihindari.

Tidak perlu menanti timbulnya permasalahan pada gigi untuk memeriksa diri ke dokter gigi. Pengecekan teratur dapat dilaksanakan sejak awal kali. Pada anak berumur 6-12 bulan, pengecekan gigi dapat dilaksanakan semenjak gigi pertama ada. Selanjutnya, anak remaja sampai dewasa, pengecekan gigi bisa dilaksanakan dengan teratur tiap enam bulan sekali. Pengecekan tidak cuman dilaksanakan untuk mengawasi kesehatan gigi dan mulut, hal itu dilaksanakan buat mengetahui ada permasalahan pada, hingga pengatasannya bisa dilaksanakan dengan tepat.

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Ini Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi"