Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja KPI yang Harus Dicapai oleh Recruiter?

Apa Saja KPI yang Harus Dicapai oleh Recruiter


Di zaman serba teknologi seperti saat ini, tentunya sangat mudah dalam menemukan segala macam solusi dari setiap permasalahan. Misalnya, software untuk recruiter terbaik masa kini. Software seperti ini pastinya mampu memudahkan proses penerimaan karyawan dengan mudah dan praktis.

KPI yang Harus Dicapai oleh Recruiter

KPI atau Key Performance Indicator merupakan sejenis ukuran yang dipakai guna mengetahui sejauh mana pencapaian kerja seseorang di suatu perusahaan. Meskipun terdengar sepele, nyatanya hal semacam ini benar-benar harus diperhatikan dengan baik. Apalagi terkait review produktivitas kerja.

  1.  Absensi Kerja

Salah satu KPI yang harus dicapai suatu perusahaan adalah tingkat kehadiran dari karyawan atau absensi kerja. Hal-hal tersebut bisa berupa izin, sakit maupun alfa. KPI tentang absensi kerja sangat penting guna memperhitungkan sekaligus memprediksi absensi karyawan di masa depan.

Hanya dari tingkat kehadiran karyawan saja, Anda juga bisa mengetahui motivasi sekaligus keterlibatan karyawan dalam memajukan perusahaan. Tentunya orang yang sering absen hanya memiliki sedikit saja motivasi kerja.

  1. Durasi Kerja Pada Suatu Posisi

Lalu, KPI lainnya yang perlu dicapai berkaitan dengan durasi kerja pada suatu posisi tertentu. Namun, perlu digaris bawahi bahwa durasi kerja suatu posisi tidaklah sama dengan durasi kerja dalam satu hari. Akan tetapi, sama dengan ketahanan karyawan terhadap suatu posisi.

Ketika seseorang mengalami kenaikan pangkat maupun promosi tertentu, maka kemungkinan besar orang tersebut juga akan hengkang dari perusahaan. Pada tahapan inilah Anda dapat mengukur tentang sejauh mana seorang karyawan mampu bertahan dalam suatu posisi.

  1. Sejumlah Pelatihan yang Dilakukan

Agenda besar HRD yang harus dilakukan adalah melakukan serangkaian maupun sejumlah pelatihan bagi karyawan perusahaan. Ini begitu penting guna pengembangan karyawan maupun keberlangsungan perusahaan agar lebih baik lagi.

Di samping itu, hal ini juga perlu dicermati apakah nantinya pelatihan tersebut mampu membuahkan hasil atau tidak sama sekali. Jangan lupa untuk melakukan perhitungan biaya yang dibutuhkan dalam suatu pelatihan karyawan.




  1. Waktu yang Dibutuhkan untuk Mencapai Target

Waktu pencapaian target menjadi indikator berikutnya guna mencapai tingkat efisiensi kerja dari tiap-tiap karyawan dalam suatu perusahaan. Anda bisa melakukan pengukuran lewat cara seperti pemberian tugas khusus dalam jangka waktu tertentu.

Jika karyawan tersebut mampu menyelesaikan tugas tersebut sesuai dengan target waktu, maka itu berarti dia lolos dalam indikator pencapaian target. Begitu Pula jika ia tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Anda tersebut.

  1. Waktu Mengisi Posisi

KPI terakhir yang dibutuhkan adalah berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan guna mengisi posisi tersebut. Hal seperti ini tidak lain bertujuan untuk melakukan pengukuran terkait tingkat efektivitas suatu proses recruitment karyawan perusahaan.

Ketika Anda mengetahui tingkat efektivitas dari suatu proses recruitment, maka metode paling ideal juga mampu diketahui dengan mudah lewat proses serupa. Selain itu, poin KPI ini juga bisa membantu Anda dalam mengetahui apakah manajemen penanganan suatu karyawan sudah baik atau justru belum.

Solusi Software Recruiter Terbaik

Untuk membantu Anda mempermudah proses penerimaan karyawan, maka bisa menggunakan bantuan dari software recruiter terbaik seperti Shortlyst. Setidaknya sudah 600 juta lebih profil kandidat yang dapat diakses dengan mudah ke seluruh dunia lewat software ini.

Di samping itu, software ini juga sangat memudahkan Anda untuk mengintegrasikan profil kandidat ke berbagai platform. Pastinya produk recruiter dengan sentuhan teknologi AI ini tidak akan mengecewakan Anda.

Kini jalannya proses penerimaan karyawan akan semakin mudah apabila Anda menggunakan software recruiter terbaik seperti Shortlyst. Selain unggul dari segi fitur dan teknologi, software ini juga sangat ramah kantong.

Posting Komentar untuk "Apa Saja KPI yang Harus Dicapai oleh Recruiter?"