Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Beli HP Bekas Harga Murah dan Berkualitas

 

Tips Beli HP Bekas

Tips Beli HP Bekas - Bagi sebagian orang smartphone masih menjadi barang elektronik yang punya harga cukup mahal. Sehingga kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk membeli smartphone second alias bekas , alasannya tentu saja karena jauh lebih murah. Akan tetapi membeli barang second terutama barang elektronik sangat berisiko dan bisa saja malah merugikan kita sebagai pembeli.

Apalagi jika kita membeli barang tersebut secara online maka risiko penipuan pun akan semakin besar. Oleh sebab itu jika ingin membeli smartphone bekas kamu perlu berfikir dua kali agar bisa mendapatkan barang yang bagus namun dengan harga yang lebih murah. Di artikel ini Usahakan akan coba memmbantu memberikan tips beli HP bekas yang aman.

Tips Membeli HP Bekas yang Aman

Tak sedikit pembeli yang tertipu karena smartphone bekas yang mereka beli ternyata sudah memiliki kerusakan yang cukup parah, sehingga tidak bisa di gunakan kembali. Hal ini sering terjadi kkarena pembeli kurang jeli dalam memastikan kondisi smartphone yang di jual. Maka dari itu agar hal tersebut tak terjadi, kamu wajib baca tips beli HP bekas yang aman di bawah ini.

Lakukan Riset Harga Sebelum Membeli

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli smartphone bekas adalah dengan melakukan riset harga terlebih dahulu. Pasa;mya tak hanya smartphone baru saja yang punya harga pasaran, smartphone bekas pun punya harga pasaran. Biasanya harganya tak terlalu jauh antara satu penjual dengan penjual lainnya.

Jika kamu mendapatkan pembeli yang menjual smartphone bekas dengan harga di bawah harga pasar maka kamu wajib curiga, Bisa saja smartphone tersebut sengaja di jual sangat murah karena memang kondisinya sudah tak layak pakai lagi karena memiliki banyak kerusakan di dalamnya. Tentu ini akan merugikan jika kamu membelinya.

Beli di Tempat yang Tepat

Jika kamu membeli smartphone bekas di toko offline maka hal ini tak akan menjadi masalah. Akan tetapi jika kamu membeli smartphone bekas di toko online maka ini akan menjadi masalah. Karena kita tak tahu kondisi sebenarnya dari smartphone yang sedang di jual, sehingga risiko penipuan juga akan semakin besar.

Ada baiknya kamu membeli smartphone di marketplace yang memang sudah populer seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain sebagainya. Pasalnya di marketplace tersebut terdapat fitur COD di mana kamu bisa memastikan kondisi barang sebelum kamu membelinya. Jika memungkinkan ajak si pembeli untuk transaksi secara langsung.

Transaksi di Tempat yang Ramai

Cara beli HP bekas yang berikutnya adalah dengan mengajak si penjual untuk bertransaksi di tempat yang ramai. Cara ini untuk mencegah tindakan kejahatan yang mungkin saja bisa terjadi. Penjual yang memang benar-benar ingin berjualan tentu tidak akan keberatan dengan hal ini, sebaliknya jika penjual tidak mau maka kamu wajib curiga,

Tempat ramai yang kami rekomendasikan untuk bertemu dengan penjual adalah seperti cafe, mall, taman dan sejenisnya. Jika di butuhkan kamu juga bisa mengajak teman untuk menemanimu agar lebih aman lagi. Selain tempat perhatikan juga waktu transaksi, pastika jika kondisi di luar masih terang dan belum malam.

Jangan Ragu Bertanya ke Pembeli

Jika kamu berbelanja secara online maka akan ada fitur chat dengan penjual, manfaatkan fitur tersebut untuk menanyakan hal-hal yang belum kamu tahu. Jangan menanyakan hal-hal yang sudah di jelaskan dalam deskripsi penjualan karena itu hanya akan membuang-buang waktu kamu saja.

Tanyakan berapa lama smartphone sudah di gunakan, apa saja yang di dapatkan dalam paket pembelian dan a[akah bisa COD. Tanyakan semua hal yang masih membuat kamu bingung. Jangan ragu untuk bertanya karena hal ini sangat ppenting di lakukan demi bisa mendapatkan smartphone bekas yang kamu inginkan.

Pastikan Kondisi Smartphone

Jika penjual mau di ajak untuk bertemu secara langsung, maka kamu bisa sekalian untuk memastikan kondisi smartphone yang di jual. Kamu harus memastikan kondisi luar atau tampilan smartphone apakah mengalami banyak kerusakan misalnya saja seperti goresan atau casing yang retak karena benturan.

Pastikan apakah speakerm charger dan SIM bisa berfungsi dengan baik. Pastikan juga layar sentuh bisa di gunakan dengan baik dan tidak ada bagian yang rusak. Karena jika layar rusak maka itu akan merugikan kamu. Pastikan pula kondisi baterai smartphone apakah dalam kondisi aman atau agak menggembung.

Nah itulah sedikut tips beli HP bekas yang aman dari tindakan penipuan. Membeli HP bekas ibarat membeli kucing dalam karung. Kita sebagai pembeli tak tau kondisi sebenarnya dari smartphone yang di jual, maka dari itu kita harus memastikannya sendiri agar tidak rugi di kemudian haari. 

Posting Komentar untuk "5 Tips Beli HP Bekas Harga Murah dan Berkualitas"